expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>
blogs

Sabtu, 24 Desember 2011

Tips mengetahui profil Facebook palsu!


Jika anda adalah salah satu pengguna Facebook, maka mungkin artikel mengenai tips mengetahui profil Facebook palsu ini bisa memberikan manfaat bagi anda. Banyak orang yang menggunakan Facebook sebagai media sosial untuk menjalin relasi, pertemanan, menjual produk atau jasa, dan bahkan untuk menipu!.

Jadi jika ada seseorang yang tiba-tiba ingin menjalin pertemanan di Facebook dengan anda dengan cara menambahkan anda dalam daftar kontaknya, ada beberapa hal yang mesti anda waspadai sebelum menerimanya sebagai teman anda, karena siapa tau orang tersebut hanya ingin mengorek informasi pribadi dari anda, atau bahkan meng-hack akun Facebook anda.

Dengan begitu banyaknya profil palsu di Facebook, berikut adalah tips mengetahui profil Facebook palsu:

Foto 
Foto yang terlalu sempurna justru biasanya mengindikasikan bahwa si pemilik akun tersebut menampilkan profil Facebook palsu. Baiknya anda memeriksa dengan detail foto-foto yang ada di albumnya. Jika banyak yang terlihat tanpa cela dan memiliki banyak variasi foto yang menampilkan figur orang lain, sebaiknya anda curiga.

Profil terlalu sempurna
Berhati-hatilah jika sebuah profil yang mendeskripsikan penggunanya sebagai orang yang memang benar-benar memenuhi kriteria anda sebagai teman atau pasangan yang sempurna. Misalnya, pernah bersekolah di sekolah yang sama, memiliki hobi yang sama, dan lain sebagainya. Siapa tau ini hanya sebagai kamuflase saja sehingga ia dapat mengorek informasi lebih dalam melalui percakapan online di Facebook.

Jumlah Teman
Telitilah seberapa banyak teman Facebook yang dimilikinya. Jika temannya terlalu sedikit misalnya sebagai acuan rata-rata pemilik akun Facebook biasanya memiliki jumlah 150 teman atau bahkan lebih. Nah, jika jumlah temannya lebih rendah dari angka itu, mungkin saja pemilik akun Facebook tersebut hanyalah rekayasa.

Mutual friends
Sebelum melakukan approval, sebaiknya anda cek terlebih dahulu seberapa banyak mutual friends atau teman yang sama antara anda dengan calon teman Facebook yang ingin menambah anda dalam daftarnya. Hal ini juga bisa menjadi media identifikasi. Jika ia hanya memiliki sedikit mutual friends, wajar jika anda harus waspada.

Cari profil di Search Engine (Mesin Pencari)
Jika dirasa perlu, anda dapat juga gunakan mesin cari untuk meneliti nama di profil Facebook tersebut sehingga anda bisa mendapatkan informasi data diri calon teman anda yang sebenarnya. Sebagai referensi, anda bisa menggunakan Google atau  Pipl.

Foto Keluarga
Cek kembali foto-fotonya. Orang yang benar-benar memasang profil asli biasanya mempunyai foto yang menampilkan diri mereka dengan teman, saudara dan keluarganya. Hal ini sangat lazim untuk dilakukan karena memang Facebook memiliki akses untuk memfilter profil orang-orang tertentu yang masih memiliki hubungan dekat untuk dimuat di kolom keluarga atau saudara.

Tag Foto
Pengguna Facebook dengan profil asli hampir selalu memiliki foto yang di-Tag oleh teman mereka. Sebaliknya, profil Facebook palsu lebih cenderung hanya menampilkan foto diri sendiri.

Itulah sedikit tips untuk mengetahui profil Facebook palsu. Semoga memberikan manfaat.

Related Posts :