expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>
blogs

Kamis, 08 Desember 2011

Kabar Baik. Indonesia Beli Pesawat Sukhoi BARU

akhirnya... setelah sekian lama sepi dari kabar baik, ada juga kabar baik dari Indonesia...

Indonesia akan membeli pesawat Sukhoi BARU -- bukan BEKAS bukan REFURBHISED !

Indonesia Beli Enam Pesawat Sukhoi Akhir Tahun

TEMPO.CO, Moskow - Indonesia dan Rusia segera menandatangani kontrak pembelian enam pesawat tempur Sukhoi Su-30MK2. Enam pesawat itu akan melengkapi empat Sukhoi yang telah dibeli Indonesia pada 2003.


"Kontrak pengiriman Su-30MK2 ditandatangani sebelum akhir tahun," ujar seorang sumber pejabat pemerintah Rusia yang dimuat di harian bisnis Kommersant, Rusia, Rabu, 7 Desember 2011.


Sumber itu mengatakan, pembicaraan tentang detail pembelian pesawat itu dilakukan di sela pameran dirgantara LIMA-2011 di Pulau Langkawi, Malaysia, pekan ini. Ia tak secara khusus menyebutkan harga kontrak penjualan enam pesawat. Menurut dia, harga pesawat ditentukan oleh paket persenjataan yang dibutuhkan Indonesia untuk dipasang di pesawat-pesawat tersebut.


Namun delegasi Indonesia yang menolak disebutkan namanya menaksir harga enam pesawat itu sedikitnya US$ 500 juta (sekitar Rp 4,5 triliun). Kantor berita RIA Novosti menyebutkan, Rosoboronexport, eksportir senjata milik pemerintah Rusia, menolak mengomentari kabar perundingan pembelian pesawat itu.


Rusia saat ini juga sedang merampungkan pesanan enam pesawat dari Indonesia, yakni tiga Su-30MK2 dan tiga Su-27SKM. Kontrak pembelian senilai US$ 300 juta ini ditandatangani pada 2007.


Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro pada Oktober tahun lalu mengatakan Indonesia membutuhkan pesawat tempur satu skuadron penuh tipe 16 Su-Family. Pesawat Su-30MK2 merupakan pengembangan dari pesawat tempur jarak jauh Su-30 dengan peningkatan kemampuan khusus untuk menjalankan misi antikapal. Pesawat ini sering dibandingkan dengan F-15E.


Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara II, Marsekal Muda Ismono Wijayanto, bulan lalu pernah mengungkapkan bahwa enam pesawat itu akan didatangkan secara bertahap mulai awal 2012. "Penambahan pesawat Sukhoi itu untuk pelatihan dan operasi," ucapnya.

Sejak Amerika Serikat mengembargo pembelian senjata ke Indonesia sebagai protes atas meluasnya pelanggaran hak asasi manusia, Indonesia kemudian beralih ke Rusia.

Related Posts :