expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>
blogs

Jumat, 25 November 2011

100,000,000,000,000 Dollar Zimbabwe

Berita Aneh - Kurs mata uang Zimbabwe anjlok ke tingkat terendah Kamis kemarin. Mata uang satu dolar AS diperdagangkan senilai satu miliar dolar Zimbabwe. Anjloknya mata uang Zimbabwe mengakibatkan harga barang meroket tajam. Pada sesi perdagangan Kamis kemarin, nilai tukar satu dolar AS melonjak drastis sekitar 1,45 miliar dolar Zimbabwe (astaga). Dan pada awal pekan ini, kurs mata uang ZWD menguat mencapai 700 juta dolar Zimbabwe per dolar AS. ( $1 USD = $700 Juta ZWD).

Uang pecahan Zimbabwe yang baru senilai $ 10,000,000,000 ZWD atau 10 Miliyar Dollar dalam satu lembar.


Sebelum januari 2011 uang $500 Juta ini setara $1,6 amerika atau Rp.15,000 di indonesia, uang sgtu di jakarta cuma bisa buat beli mie ayam dan teh botol (itu jg mienya blom tentu pake pangsit..wkwkw) tapi sekarang kurs ZWD tembus $700 Juta per Dollar (tambah gak berharga tu uang alias hancur mina ni negara secara finansial gan ! :( )


Bank induk Zimbabwe resmi mengeluarkan pecahan uang dengan nilai $10,000,000,000,(10 Miliyar dollar zimbabwe) sekaligus mencatat rekor terbaru pecahan uang terbesar di dunia.sehingga negara ini masuk dalam daftar 10 besar negara termiskin dunia.

Nilai mata uang negeri itu terdepresiasi sekitar 84 persen sejak Bank Sentral Zimbabwe mengambangkan kurs mata uang setelah bertahun-tahun mematok kurs. Menurut pengamat, melorotnya nilai mata uang dolar Zimbabwe dipicu oleh inflasi serta permintaan uang tunai yang luar biasa banyak.

‘’Nilai tukar didorong oleh permintaan terhadap valuta asing, serta keinginan untuk mengamankan dana menghadapi inflasi,’’ kata Mudzingwa Nhiwatiwa, analis pada ZABG Banking Group.
Inflasi Menggila
‘’Hal itu menunjukkan kapasitas valuta kami sangat rendah. Jika kami tidak mampu memulihkan ekspor dan produksi, dolar Zimbabwe akan terus terdepresiasi secara tajam,’’ kata dia.

Kapasitas produksi Zimbabwe yang banyak bergantung pada sektor pertanian, menurun tajam akibat krisis pertanahan. Presiden Robert Mugabe mengeluarkan kebijakan menyita lahan milik warga kulit putih untuk diberikan kepada warga pribumi.

Harga barang-barang kebutuhan pokok melambung tinggi sejak terjadi gejolak politik pascapemilu 29 Maret. Nhiwatiwa mengatakan, pembebasan sistem valuta asing yang tidak didukung dengan produksi mengakibatkan harga-harga meroket. Hal itu ditambah ketidakpastian politik akibat krisis pemilu.

Roti tawar yang dulu seharga 15 juta dolar Zimbabwe kini melonjak menjadi 600 juta dolar Zimbabwe. Satu liter minyak goreng harganya 2,5 juta dolar. Pada Februari lalu, inflasi di negeri itu mencapai 165.000 persen atau tertinggi di dunia. Angka inflasi makin menggila menjadi 1,8 juta persen pada Mei lalu.


Ini dia beberapa pecahan yg dah dikeluarkan oleh bank induk di zimbabwe dari 5 dollar sampe 250 juta dollar dalam satu lembar. ini fakta.. :(



tumpukan uang pecahan 1 juta dollar zimbabwe ini belum tentu cukup untuk membeli makanan selama 3 hari. sangat memprihatinkan gan !.




dibutuhkan $50 M (million) atau 50 juta dollar untuk membeli sebungkus kacang di pinggiran jalan zimbabwe. :(




Semua orang termasuk gelandangan dah jadi milyarder di sini.. ck ck,


orang abis gajian, dliat dari tampangnya aja, bukanya seneng malah tambah menderita. sabar ya boss.. :P



Siapin duit dulu bos buat bayar bir dan minumanya.. :P



Saking dah gak berharganya, Money changernya aja udah gak ada yang mau ngitung kalo di Zimbabwe, karena males dan sudah terbiasa, mereka pake timbangan buat ngukurnya, setelah ditimbang dapetnya cuma selembar uang 1 dollar. (nelen ludah deh.. :)


Dibutuhkan Beberapa milyar untuk membeli satu ekor ayam disana.. (mending ternak tokek deh klo gtu mah)

Related Posts :