expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>
blogs

Kamis, 24 November 2011

CARA MEMBUAT ANIMASI (FLASH MX DAN PHOTOSHOP)

"CARA MEMBUAT ANIMASI (FLASH MX DAN PHOTOSHOP)"


Membuat animasi tidak harus menggunakan software Macromedia Flash saja. Ada berbagai software yang bisa kita gunakan untuk membuat animasi. Dengan menggunakan berbagai software Animasi, kita bisa dengan mudah membuat animasi yang kita inginkan. Membuat animasi sangat menarik, karena kita bisa membuat objek atau gambar yang tidak bergerak menjadi bergerak.

Sebelum kita membuat animasi, tahukah Anda apa itu animasi? Animasi berasal dari kata animation yang berarti bergerak. Animasi sendiri dimulai dari jaman purba, dengan ditemukannya lukisan-lukisan pada dinding gua di Spanyol, yang menggambarkan “gerak” dari binatang-binatang.

4000 tahun yang lalu, bangsa Mesir juga mencoba membuat animasi dengan menghidupkan suatu peristiwa dengan gambar-gambar yang dibuat berurutan pada dinding. Jadi, animasi sebenarnya sudah lama digunakan sepanjang sejarah peradaban manusia.

Membuat Animasi – Trik dan Tips Membuat Animasi dari Software Flash MX dan Photoshop

Membuat animasi tidak hanya sebatas dari menggerakkan objek atau gambar saja. Anda bisa membuat animasi dengan format 2D dan 3D dengan menggunakan software khusus. Seperti, jika Anda ingin membuat animasi bentuk 2D, software yang bisa Anda gunakan di antaranya ada Macromedia Flash, Macromedia Director, Adobe Image Ready, Corel Rave, Swish Max, Photoshop. Sedangkan jika ingin membuat animasi bentuk 3D, Anda bisa menggunakan software diantaranya 3D Studio Max, Maya, Poser, Bryce, Vue, Cinema 4D, Blender, dan sebagainya.

Jadi tidak hanya menggunakan Macromedia Flash kita bisa membuat animasi, tetapi masih ada beberapa software khusus untuk membuat animasi. Apa yang disebutkan di atas hanya mewakili dari berbagai software animasi. Untuk membuat animasi, masih ada beberapa software yang bisa kita gunakan.

Anda ingin belajar membuat animasi? Anda bisa membuat animasi dengan mudah secara otodidak. Sebenarnya dasar membuat animasi bisa Anda pelajari sendiri tanpa guru pendamping. Hanya syaratnya Anda sudah tidak asing lagi dengan berbagai Tools yang ada dalam software animasi.

Seperti sofware animasi Macromedia Flash, ada berbagai trik dan tips membuat animasi sederhana untuk pemula. Sebelum membuat animasi yang lebih rumit dan kompleks, sebaiknya Anda memulai membuat animasi dengan trik yang sederhana sebagai berikut:

Membuat Animasi Sederhana dengan Permainan Keyframe

Untuk membuat animasi dengan permainan keyframe ini, Anda gunakan Macromedia Flash. Bagaimana cara membuat animasi ini? Berikut langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuat animasi keyframe:

1. Buka program Flash MX, lalu pilih new Flash Document.

2. Menentukan besarnya STAGE dengan cara klik Size pada Properties, atur Dimension misalnya 300 x 200 px, lalu tekan OK.

3. Tekan R pada keyboard lalu gambar kotak di Stage. Lakukan pewarnaan dengan menekan V pada keyboard dan klik kotak lalu pilih Fill yang ada tanda nomor 2 di gambar. Pilihlah warna di sini, misalnya gunakan warna biru dongker dengan nilai Hexadecimal 000066.

4. Tekan T pada keyboard untuk menggunakan Text Tool lalu ketik terserah Anda, namun di sini misalnya kita ketik huruf “F”.

5. Lihat kotak Timeline, di situ kita akan bermain. Lalu tekan F5 pada keyboard, hasilnya Frame akan bertambah, hal ini untuk mengatur ritme dari animasi. Tekan sebanyak 5X lalu Anda akan lihat hasil sementara.

6. Kemudian tekan F6 pada keyboard, hasilnya KeyFrame untuk animasi akan muncul jika sudah tambahkan huruf pada Stage.

7. Ulangi langkah 5 dan 6. Terus tambahkan huruf sehingga membentuk tulisan FLASH

8. Bila huruf yang ditulis sudah selesai, untuk melihat hasilnya tekan CTRL + Enter. Nah Anda akan melihat huruf-huruf yang bergerak satu per satu seperti mengeja F L A S H.
Membuat Animasi Burung Terbang

Masih menggunakan Macromedia Flash, Anda bisa membuat animasi burung terbang. Sehingga tidak hanya mereka yang ahli dibidangnya saja yang bisa membuat animasi burung terbang, Anda pun juga bisa jika mengikuti trik sebagai berikut:

• Langkah pertama buatlah gambar ilustrasi burung sebanyak 3 kali dengan menggunakan Toolbox Brush Tool. Membuat ilustrasi gambar burung dengan Brush Tool juga bisa menggunakan Pen Tool.

•Sebelum lanjut ke langkah selanjutnya Copy gambar yang sudah dibuat tadi, tujuannya agar Anda tidak usah repot-repot membuat badan burung lagi. Sehingga nanti Anda tinggal Paste saja gambar yang telah dibuat, nanti Anda tinggal menambah bentuk sayap yang berbeda saja.

• Buatlah sayap pada bagian atas. Bagian ini Anda membuat gambar 1. Masuk ke pembuatan gambar ke dua, buatlah bentuk sayap di bawah. Untuk gambar yang terakhir, buatlah sayap di atas punggung burung tetapi agak rendah sedikit, jika sudah selesai tinggal diberi warna pada gambar burung.

• Langkah selanjutnya membuat animasi pada gambar 1 dan letakkan di Keyframe pertama, atur posisi gambar sesuai keinginan Anda, asal semua gambar harus di satu posisi yang sama semua.

• Buatlah Keyframe dengan cara klik kanan Frame ke dua >> pilih Insert Keyframe, setalah itu masukkan gambar 2.

• Buatlah Keyframe dan masukkan gambar 3 ke posisi yang sudah Anda tentukan tadi.

• Langkah selanjutnya blok semua Frame yang telah Anda buat >> klik kanan dan pilih Copy Frame. Kemudian Paste ke frame selanjutnya.

•Terakhir Anda akan melihat hasilnya dengan cara pilih Menu Control >> pilih Play atau CTRL + Enter. Anda akan melihat hasilnya berupa gambar burung yang sedang terbang.

Membuat Animasi GIF dengan Photoshop

Anda juga bisa membuat animasi dalam format gif. Untuk membuat animasi dalam format gif, Anda bisa menggunakan Photoshop. Prinsip dari membuat animasi gif ini hanya menggabungkan beberapa Frame dengan mengganti settingan layernya. Bagaimana caranya? Berikut trik membuat animasi gif dengan Photoshop:

1. Misalnya kita akan membuat animasi mobil berjalan dilengkapi dengan gambar lampu lalu lintas dan teks. Untuk membuat animasi mobil tersebut kita memerlukan 7 Layer Elemen ditambah 1 Layer Background. Ketujuh Layer Elemen tersebut adalah Background hitam untuk lampu, lampu merah, lampu kining, lampu hijau, gambar mobil, tulisan BRUUUM!!, dan efek cahaya.

2. Setelah selesai membuat keseluruhan Elemen yang akan digunakan, selanjutnya kita akan membuat Frame pertama. Caranya, pertama Anda harus membuka panel animasi dengan cara memilih menu Window > Animation. Maka akan tampil satu Frame dengan semua Elemen terlihat.

3. Selanjutnya kita akan membuat animasi dengan konsep sebagai berikut:
• Pertama: layar putih tidak terlihat satu Elemen pun.
• Kedua: kemudian muncul lampu merah
• Ketiga: kemudian muncul lampu kuning
• Keempat: muncul lampu hijau yang menandakan mobil dapat melaju
• Kelima: muncul tulisan BRUUUUM !! sebagai gambaran bunyi mobil yang menderu
• Keenam: mobil melaju dari kanan ke kiri dengan cepat dan meninggalkan efek cahaya.
• Ketujuh: efek tulisan BRUUUM perlahan menghilang.

Sekarang kita membuat animasi tahap pertama yaitu tampilan putih tidak terlihat satu Elemen pun, dilakukan dengan cara membuka tab Layers dan menyembunyikan semua Layer kecuali Background. Kalau bingung bagaimana cara menyembunyikan Layernya, klik saja ikon mata di sebelah kiri tiap Layer.

4. Setelah semua Elemen disembunyikan, selanjutnya kita pindah lagi ke tab “Animation (Frame)”. Sekarang kita atur waktu tampilan pada Frame pertama ini. Caranya klik tulisan “0 seconds” lalu pilih satu detik untuk tampilan Frame pertama ini. Ini artinya Frame ini hanya ditampilkan selama satu detik lalu pindah ke Frame selanjutnya.

5. Langkah selanjutnya membuat Frame kedua. Caranya klik ikon kotak di bagian bawah kanan. Ikon ini akan menduplikasi Frame sebelumnya sebagai Frame baru. Atur waktu tampilan Frame ini menjadi satu detik. Frame ini selanjutnya akan digunakan untuk memunculkan gambar lampu merah.

6. Sekarang atur tampilan untuk Frame kedua ini. Karena Frame kedua ini akan ditampilkan gambar lampu merah yang menyala maka Layer merah dan Background hitam ditampilkan kembali. Caranya dengan membuka tab Layers lalu mengklik ikon kotak di sebelah kiri Layer merah dan Background hitam.

7. Setelah Frame kedua ini diatur tampilan Layernya maka tab “Animation (Frame)” sekarang akan tampak.

8. Langkah selanjutnya adalah pengulangan dari langkah ke 5, 6, dan 7, namun bedanya sekarang yang ditampilkan adalah lampu kuning dan lampu hijau. Jangan lupa untuk mengatur waktu tampilan dari lampu kuning dan hijau menjadi satu detik. Setelah diatur Frame dan Layer kuning dan hijau maka tab “Animation (Frame)” akan terlihat lampu kuning dan hijau.

9. Berikutnya sama seperti langkah-langkah sebelumnya yaitu menampilkan tulisan BRUUUM !! dengan menambahkan Frame baru dan menampilkan Layer tulisan “BRUUUM !!. Namun atur waktu dari tampilannya Frame ini menjadi dua detik.

10. Buat Frame selanjutnya, kemudian klik kotak kiri di sebelah Layer “Mobil” untuk menampilkan Layer Mobil. Namun sembunyikan mobil di sebelah kanan area gambar.

11. Buat lagi Frame dengan menduplikasi Frame sebelumnya (Frame 6), kemudian posisikan mobilnya di sebelah kiri area gambar. Untuk kedua Frame ini atur waktu tampilan menjadi 0 detik atau “No delay”

12. Langkah selanjutnya membuat mobil bergerak dari kanan ke kiri. Caranya dengan memilih kedua Frame untuk digabungkan dengan cara menahan tombol Shift lalu klik Layer 6 dan 7. Setelah kedua Layer dipilih, selanjutnya kita akan menerapkan efek Tweening pada kedua Frame tersebut. Untuk menggunakan efek ini, setelah dua Frame awal dan akhir tadi dipilih, selanjutnya klik ikon yang ditunjuk tanda panah merah, dan masukkan nilai “Frames to Add” menjadi 7, klik OK.

13. Sekarang masuk tahap munculkan efek cahaya dari mobil yang melaju kencang. Efek ini akan kita buat agar menghilangnya di Frame ke 11. Prinsipnya adalah menurunkan perlahan-lahan Opacity dari Layer “Light” dan biarkan Opacitynya 100% menjadi 0. Sekarang klik Frame 11 lalu munculkan Layer terakhir yaitu Layer “Light” dan biarkan Opacitynya 100%.

14. Selanjutnya klik Frame 12, munculkan Layer “Light”, lalu turunkan Opacitynya menjadi 60%.

15. Lakukan cara yang sama untuk Frame ke 13, dan 14. Atur Opacity untuk Frame ke 13 menjadi 30% dan 0% untuk Frame ke 14. Anda bisa klik tombol Play pada tab “Animation (Frame)” untuk melihat hasil sementara animasi.

16. Sekarang pada tahap akhir buat tulisan BRUUUM!! menjadi hilang perlahan-lahan. Caranya sama seperti langkah ke 12, namun yang dimainkan di sini bukan posisi tetapi transparansi. Caranya buat Frame ke 15 dengan menduplikasinya dari Frame ke 14. Lalu atur Opacity dari Layer BRUUUM!! Di Frame 15 menjadi 0%. Setelah itu klik Tweening, dan atur nilai “Frames to Add” menjadi 10. Anda akan melihat hasil animasi mobil bergerak dan menghilang perlahan.

Selamat mencoba!

Related Posts :